Artikel

Rekomedasi Varietas Cabai Rawit : Tahan Virus, Buah Lebat dan Bebas Penyakit

Rekomedasi Varietas Cabai Rawit : Tahan Virus, Buah Lebat dan Bebas Penyakit


Angga Syarief / Sabtu,17 Juni 2023

Budidaya tanaman cabai rawit menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan bagi para petani. Namun dalam budidaya tanaman cabai hal yang kerap terlewat adalah pemilihan varietas yang tepat. Dengan pemilihan varietas yang tepat akan membantu petani dalam meningkatkan hasil produksi.

Memilih varietas yang tepat dan cocok dengan iklim dan kondisi lahan tertentu, dapat menghasilkan tanaman cabai rawit yang lebih baik dalam pertumbuhan, produktivitas, dan kualitas buah. Varietas unggul yang kita pilih juga memberi segi keuntungan yaitu segi perawatan, biaya produksi, dan mengurangi resiko kegagalan usaha budidaya tanaman cabai rawit.

Sayangnya, masih beberapa petani atau pemula yang tidak terlalu memperhatikan pemilihan varietas dan hanya menggunakan varietas yang sering dibudidayakan. Padahal setiap varietas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kesadaran ini coba dibantu sadarkan oleh petani muda bernama Mas Afan beralamat di Desa Banyudono, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Berusia 26 tahun dimana memutuskan untuk mencoba bertani tetapi dengan penampilan yang masih tetap eksis, istilahnya petani kekinian. “Saya kalau kesawah abis subuh Mas Zaki, biar enggak kepanasan nanti hehe” selingan candaan beliau. Setelah berhenti bekerja di industri, beliau banting setir untuk mencoba bertani. Pertama kali menanam cabai mendapatkan keberuntungan dimana tepat diharga pasaran yang tinggi. Dengan begitu beliau bersemangat dan ketagihan sampai sekarang. Saat ini, beliau menanam kembali tanaman cabai. Tanaman keempat ini berbeda dengan varietas sebelumnya, menurut beliau selama menanam cabai, hasil yang istimewa saat penanaman cabai pertama dan keempat ini. Akan tetapi bila dibandingan dengan tanaman pertama, menurut beliau hasil tanaman keempat ini jauh lebih pesat hasilnya.

Tentang Varietas

Pentingnya pemilihan varietas unggul ketika budidaya tanaman cabai terutama musim kemarau, menjadi sebuah jawaban tingkat prosentase keberhasilan budidaya. Musim kemarau yang identik serangan hama, dengan pemilihan varietas unggul yang memberikan keunggulan tahan virus memberikan keuntungan tersendiri bagi para petani. Hal ini sudah dirasakan oleh Mas Afan, pada tanaman keempat ini beliau menanam cabai varietas Absolut 69.

Rata-rata daerah lahan beliau, untuk tingkat serangan virus kuning berada dizona merah. Daerah yang endemik akan serangan virus, membuat kewalahan yang menjadi trauma bagi para petani. Cerdiknya Mas Afan, beliau mempersiapkan terlebih dahulu dengan mencari varietas yang unggul akan ketahanan serangan virus. Oleh sebab itu, beliau memutuskan untuk mencoba varietas Absolut 69. Baru pertama kali mencoba menanam tetapi hasilnya membuat ketagihan.

Total populasi sekitar 4.400 tanaman, setelah beliau hitung prosentase tanaman yang terserang virus kuning hanya sekitar 10-15 tanaman saja. Memang benar adanya, yang kami lihat langsung dilahan, serangan virus kuning pada tanaman beliau minim. Justru kami hanya melihat hasil vigor tanaman yang begitu istimewa. Merasa sangat puas saat menanam varietas Absolut 69 dibandingan varietas sebelumnya. Segi ketinggian tanaman yang tidak terlalu tinggi, membuat kepuasan pertama beliau. Sehingga saat perawatan spray maupun pemetikan tidak kewalahan, sesuai dengan ketinggian badan beliau.

Segi produktivitasnya pun jauh lebih pesar dibandingan dengan hasil produktivitas tanaman ketiga beliau. Baru petikan 1-3 kali sudah mendapatkan hampir 1 kuintal, dibandingkan tanaman ketiga beliau setelah petikan ke-10 baru mendapatkan beberapa kuintal saja. Ruas antar batang dari varietas Absolut 69 ini terbilang pendek, sehingga ini mempengaruhi dari segi produktivitas tanaman. Dengan ruas batang yang pendek, akan semakin banyak pula buah yang dihasilkan. Setiap ruas antar batang banyak diisi 2 buah. Bentuk buah yang dihasilkan juga memenuhi kriteria pasaran. Bentuk buah yang sedang dan berbobot menjadi nilai tambah dari varietas Absolut 69. Saat pemetikan pun, Mas Afan memetik kondisi buah yang belum terlalu merah karena permintaan pasar yang meminta buah tidak terlalu merah atau menghendaki warna oren. Ini yang menjadi kepuasan kedua beliau. “Kalau buahnya lebat gini, jadi semangat saya mas” kata Mas Afan.

Dari segi perawatan juga lebih mudah dan untung. Beliau menjelaskan bahwa varietas yang sudah unggul tahan akan serangan virus mampu membantu segi perawatan. Dimana yang seharusnya turut aplikasi pestisida rutin, dengan embel-embel tahan virus sudah membantu perawatan. Segi biaya perawatan pun juga diuntungkan karena tidak perlu keluar modal perawatan yang banyak, cukup aplikasi pestisida secara berkala dan disesuaikan dengan kebutuhan tanaman tentu jauh lebih menghemat biaya perawatan.

Jarak Tanam

Jarak tanam yang beliau gunakan yaitu berjarak 40 cm x 40 cm. Satu lubang tanam beliau isi 2 tanaman. Beliau mempunyai alasan tersendiri mengapa satu lubang diisi dua tanaman. Alasannya karena untuk berjaga-jaga jika satu tanaman mati maupun terkena virus masih sisa satu tanaman yang hidup. tetapi kenyataannya, hasil akhir justru tanaman dapat hidup baik keduanya. Diluar dugaan Mas Afan, beliau sekarang malah merasa kewalahan dalam perawatan karena dengan diisi dua tanaman/lubang tanam jatuhnya tanaman terlalu rimbun. Meski rimbun tanaman masih tetap sehat dan produktivitas optimal. Tidak menyesal terlalu mendalam, karena bentuk syukur beliau merasa senang dengan hasil pertumbuhan tanamannya.

Tingkat Kelayuan

Dibalik keunggulan tahan akan serangan virus, ada kewaspadaan juga terhadap serangan penyakit yaitu kelayuan. Tanaman yang dihasilkan beliau, hanya beberapa tanaman saja yang terkena layu, tepatnya tanaman yang berada paling pojok dibawah pohon kelapa. Tetesan air dari pohon kelapa ini yang menjadi faktor tanaman beliau terkena layu, untuk sisanya tanaman masih sehat tanpa terserang layu.

Pemilihan varietas memang bukan menjadi faktor satu-satunya kunci keberhasilan budidaya tanaman cabai. Tetapi dengan pemilihan varietas unggul memberikan peran salah satu kunci keberhasilan budidaya tanaman cabai. Tidak bisa menjadi patokan meski sudah mempunyai keunggulan tahan virus, tetap membutuhkan daya juang dengan melakukan perawatan yang tepat untuk menghasilkan tanaman yang sesuai dengan keunggulan dan harapan kita. Benih tidak memberikan garansi seutuhnya, tetap berperan membantu tetapi sisanya tergantung dengan perawatan yang kita lakukan.

Demikian artikel ini kami buat, selengkapnya akan kami tayangkan disini.


Rekomendasi Produk :
ABSOLUT 69