Konsultasi

Kata Kunci

Topik

  • Tanya :

    1. Cabe rawit saya terkena virus gemini. Jadi saya menggunakan samite dan morden via spray. Tapi perubahannya tidak terlihat. Bagaimana seharusnya pengaplikasiannya 2. Kalau mau menanam cabai rawit tanpa mulsa. Apakah harus pakai pupuk dasaran

    Yoga Tarigan - Medan

    Jawab :

    Salam bang Yoga,

    1. Untuk penggunaan Samite sbg akarisida dan Mordenfol sebagai pupuk daun sudah benar. Dalam kondisi terserang virus sebaiknya juga diupayakan pemulihan sel-sel-nya dengan menggunakan VITARON SL
    Silahkan baca :

    https://mitrabertani.com/artikel/detail/Terkena-Virus-Kuning-Panen-Rawit-Tetap-Melimpah

    2. Pupuk dasar tetap perlu tetapi gunakan dolomit dan pupuk slow release yaitu SP36 dan NPK yang tidak mudah larut. Untuk NPK fast release (yg mudah larut gunakan sebagai pupuk susulan saja.
    Semoga bisa membantu.

    Widodo

  • Tanya :

    Ass. Mau nanya pupuk yg cocok buat tanaman cabe pada masa awal hst 20 pupuk jenis apa? Dan pada saat berbunga cocoknya pupuk jenis apa media tanam tidak di bedeng,romusa apakah pengaruh sama kesuburan atau tidak.

    Ary - Teluk pandan

    Jawab :

    Waalaikum salam Sdr. Ary,

    Untuk cabai fase vegetatif / pertumbuhan bisa memnggunakan campuran NPK (tripel 15 atau tripel 16), setiap kg dicampur dengan ZA 200 gram. Untuk pupuk daun menggunakan Mordenfol. Sedangkan untuk fase berbunga gunakan pupuk NPK di atas plus pupuk ZK atau KCL 100 gr tiap kg NPK.

    Widodo

  • Tanya :

    Bisakah gandasil dicampur dengan morden dan vitaron.

    Muhammad Firman Azzamzami - Kediri

    Jawab :

    Sdr. Muhammad Firman Azzamzam,

    Gandasil bisa dicampur dengan VITARON. Namun untuk aplikasi Mordenfol lebih bagus apabila disendirikan (berselang seling dengan Gandasil. Semoga berhasil baik.

    Widodo

  • Tanya :

    Saya baru nanam cabai umur cabai nya kurang lebih 28 hari,daun cabai pun menguning Yang saya mau tanya apa bisa hama tersebut dinetralisir? Dan apa obatnya klo saya semprot?? Terimakasih.

    M. saepul akbar - bogor

    Jawab :

    Sdr M. Saepul Akbar, 

    Tanaman cabai umur 26 HST menguning ada kemungkinan gejala kekurangan unsur mikro. Sebaiknya aplikasi pupuk mikro MICRONSEL secara rutin tiap 5 hari sekali. Boleh dicampur dengan pestisida. Demikian semoga membantu.

    Widodo

  • Tanya :

    Apakah boleh cal ha di mix dg npk mutiara 16-16-16 dan berapa hari sekali intervalnyan serta berapa sendok per 10 liter air atau pertangku 16 liter

    Dedy - Banyuwangi

    Jawab :

    Sdr Dedy,
    Sebaiknya Cal-Ha diaplikasikan tersendiri baik dikocorkan maupun disemprotkan pada tanaman. Sekedar info, untuk aplikasi NPK kocoran sebaiknya tidak dicampurkan dengan kalsium (merek apapun), atau dolomit. Interval pemberian Cal-ha sesuai kondisi. Sangat dianjurkan aplikasi Cal-Ha setelah tanaman kehunanan, (aplikasi pada keesokan harinya). Jika tiap hari turun hujan cukup diberi rentang waktu 5 hari. Demikian, semoga membantu.

    Widodo

  • Tanya :

    Apakah cover WP bisa digunakan dengan acrobat, H202, dan CNG?

    Aulia Adiba - Bangko

    Jawab :

    Sdr. Aulia Adiba,
    Kover WP bisa dicampur acrobat maupun pupuk CNG. Untuk H2O2, sebaiknya aplikasi tunggal (H2O2 tidak dianjurkan untuk dicampurkan dengan apapun baik PPC maupun pestisida). Semoga bisa membantu.

    Tim Teknis

  • Tanya :

    Selamat Pagi Mohon pencerahan dan bimbingannya Admin
    1. Bolehkah aplikasi Kalinet dicampur dengan POC
    2. Bolehkah aplikasi Kalinet dicampur dengan insektisida dan fungisida
    Salam sehat dari Jogja Terima kasih

    Haryo - Sleman Yogyakarta

    Jawab :

    Sobat Haryo di Sleman,
    1. Aplikasi kalinet bisa dicampur POC, tapi sebaiknya pastikan dulu POC tersebut benar-benar organik tanpa campuran bahan kimia.
    2. Setiap pupuk daun yang berbahan kimia bisa dicampur dengan pestisida SELAIN yang berbentuk formula larut air (SC, SP, SL), karena sesama larut air akan menimbulkan reaksi kimia yang mengubah susunan kimiawi keduanya.
    Demikian semoga membantu.

     

    Widodo

  • Tanya :

    Kenapa tanam bibit cabai umur 10 hari kok mati/kuning dan pohonnya itu ngak bisa tumbuh. Apa karna pengaruh tanah tpi tanaman lainnya yg satu lahan baik" aja dan minta solusinya.

    Dian Agus Pratiwi - Jombang

    Jawab :

    Sobat Dian Agus Pratiwi di Jombang,
    Tanam cabai di usia 10 hari itu sebenarnya masih terlalu dini. Tanaman masih terlalu muda untuk menghadapi hambatan lingkungan seperti cuaca, pH tanah, hama, dll. Sebaiknya penanaman benih dilakukan saat batang sudang berwarna hijau gelap atau cokelat dan agak keras. Demikian semoga membantu.

    Admin

  • Tanya :

    Assalamu'alaikum kak, mau tanya ;

    1. Ayah saya ingin menanam cabe tetapi tidak menggunakan pupuk dasar / campuran apapun dalam lahan tanam / bedengan. Karna menurut ayah sudah ada endapan dedaunan yg sudah busuk jd tidak perlu pupuk lagi, apakah ini akan berpengaruh pada tanaman kak?

    2. Penggunaan Gandasil D, Hormon Jimy Hantu,dan Acrobat apakah bisa dicampur? dan apa efeknya?

    3. Pengocoran tanaman cabe dengan pupuk urea dan pupuk ZA boleh atau tidak ? Jika boleh berapa dosis dan intervalnya ? Serta apa efeknya ? Terimakasih kak.

    Khoiriyah - Magelang

    Jawab :

    Waalaikum salam sobat Khoiriyah,

    1. Sebenarnya tetap diperluykan pupuk dasar yang bersifat slow release (tidak mudah larut) seperti SP36, karena penting untuk menutrisi perakaran.
    2. Untuk pencampuran pupuk daun dengan pestisida boleh, keluali pestisida yang larut air (formula SL, AS, SC), bisa dilihat kode formulanya di belakang tulisan merek pestisida. Misalnya Acrobat 50 WP, karena bentuknya WP maka boleh dicampur.
    3. Untuk pengocoran dengan urea sebaiknya dihindari karena akan membuat tanaman terlalu vigor, dan rentan terhadap penyakit.
    semoga membantu

     

    Widodo

  • Tanya :

    Apakah pupuk NPK Mutiara bisa di campur dengan pupuk MKP Pak Tani ? untuk di kocor kan ketanaman cabe. terimaksih

    Razaki - Tapaktuan

    Jawab :

    Sobat Razaki di Tapaktuan,

    Sesama pupuk kimia untuk aplikasi tanah / kocoran bisa saja dicampurkan dalam sekali pemakaian. Sebaiknya ikuti petunjuk penggunaan yang ada pada produk.

    Widodo

AJUKAN PERTANYAAN

*Note : WA dan Email tidak akan dipublikasikan